Kanker Rahim: Gejala Dan Pengobatannya

Kanker Rahim: Gejala Dan Pengobatannya - Kanker rahim atau juga biasa disebut dengan kanker uterus merupakan tumor ganas yang tumbuh pada endometrium atau lapisan rahim yang paling dalam.
Kanker Rahim: Gejala Dan Pengobatannya

Kanker Rahim

Endometrium itu sendiri merupakan tempat menempelnya sel telur yang telah dibuahi. Kanker rahim dapat berpengaruh terhadap kemampuan reproduksi wanita. Oleh sebab itu, tidak heran jika penyakit yang satu ini termasuk penyakit yang paling ditakuti oleh para kaum hawa.

Kanker Rahim Menurut Gejala Awal

Kanker rahim menunjukkan beberapa gejala awal pada para penderitanya. Biasanya gejala tersebut berupa pendarahan di luar siklus menstruasi, nyeri perut di bagian bawah, kram panggul, siklus haid tidak normal, nyeri saat buang air kecil, timbul rasa nyeri ketika berhubungan intim, dan pada wanita yang mengalami menopause mengeluarkan cairan encer berwarna putih atau jernih.

Kanker Rahim Penyembuhan Dengan Obat Herbal

Banyak metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengobati kanker rahim, salah satunya adalah dengan pengobatan herbal. Banyak orang memilih pengobatan dengan bahan – bahan herbal karena tidak menimbulkan efek samping. Selain itu, pengobatan dengan cara herbal juga jauh lebih terjangkau daripada pengobatan kimia. 

Bahan herbal yang diketahui dapat digunakan untuk mengobati kanker rahim secara alami di antaranya adalah mengkudu, keladi tikus, kulit manggis, dan daun sirsak. Bahan – bahan ini mengandung antioksidan yang tinggi dan mengandung zat anti kanker yang dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker pada rahim. 

Daun sirsak dapat direbus dan diminum airnya untuk mengobati kanker rahim. Sedangkan kulit manggis atau mengkudu dapat dibuat menjadi jus.

Kanker Rahim Cara & Pengobatannya

Saat ini ada beberapa pilihan pengobatan untuk mengobati kanker rahim. Untuk stadium awal, ada dua pilihan pengobatan yaitu radiasi dan histerektomi. Dalam kasus tertentu, radiasi dilakukan sebelum operasi untuk memperkecil ukuran sel kanker sebelum diangkat.

Walaupun histerektomi cukup efektif, namun pengobatan ini menimbulkan efek sampung seperti hilangnya kemampuan reproduksi dan penurunan kualitas seksual. 

Jika kanker telah masuk dalam stadium lanjut, pilihan pengobatan yang dapat dilakukan adalah kemoterapi. Tetapi di beberapa negara, efektivitas radiasi dan kemoterapi dapat ditingkatkan dengan imunoterapi untuk menekan efek samping dari pengobatan yang dilakukan.
Previous
Next Post »